Leave a comment

Tips Menyuburkan Kandungan

Kesuburan adalah tingkat peluang untuk mendapatkan anak. Pasangan yang subur memiliki peluang memiliki anak tinggi. Pasangan dikatakan tidak subur (infertil) bila setelah setahun usia perkawinan, sang istri masih belum juga hamil meskipuntidak melakukan KB. Ketidaksuburan disebabkan baik oleh sisi suami, sisi istri maupun keduanya. Namun, dalam artikel ini saya akan memfokuskan pada cara penambahan kesuburan dari sisi istri.
1. Jaga Berat Badan Terlalu gemuk/kurus dapat menimbulkan gangguan proses
ovulasi. Menurut riset, wanita membutuhkan berat badan dengan kandungan lemak 17 hingga 21 persen agar dapat ovulasi secara teratur. Wanita kurus atau kegemukan yang siklus haidnya tidak teratur dapat menjadi lebih teratur dan subur dengan memperbaik iberat badan.
2. Pilih Makanan Organik Berbagai studi menunjukkan pengaruh negatif insektisida dan pestisida terhadap hormon progesteron. Progesteron adalah hormon yang berfungsi menumbuhkan dan mematangkan sel telur serta menyiapkan dinding rahim bagi kehamilan. Tanpa progesteron,tidak mungkin terjadi kehamilan. Riset menunjukkan bahwa buaya wanita yang hidup dirawa yang terpolusi DDT memiliki bentuk telur yang rusak dan bermutasi. Meskipun
DDT sudah dilarang diIndonesia, buah-buahan impo ryang kini membanjiri pasar bukan tidak mungkin mengandung DDT yang berbahaya tersebut. Sejenis estrogen yang disebut xenoestrogen juga terdapat pada beberapa pestisida dan dapat mengganggu keseimbangan hormon wanita.
3. Perbaiki Pola Makan Kekurangan sejumlah vitamin dan mineral akan mengurangi kesuburan. Vitamin C, E dan Bkompleks (terutama B6) sangat penting bagi pembentukan dan pengaturan kerja hormonal .Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin dan mineral serta biji-bijan yang
mengandung lemak esensia lseperti kedelai, kecambah dan kacang tanah. Makanlah dengan pola makan seimbang dalam komposisi protein, karbohidrat dan lemaknya. Makanan yang tidak seimbang, misalnya terlalu banyak lemak, akan mengganggu keseimbangan hormonal tubuh.
4. Kurangi Stress Kurangilah beban pikiran yang menimbulkan stress dengan memperbanyak rekreasi, istirahat dan berolah raga. Stress dapat membuat ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh sehingga menyulitkan ovulasi.
5. Minum Suplemen/Jamu Beberapa jenis suplemen/jamu dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Sebagian orang Jawa percaya bahwa kunyit dan asam dapat memperbaiki kerja organ reproduksi wanita. Madu dan bee polen juga diyakini berisi berbagai zat yang bermanfaat bagi kesuburanwanita. Orang Cina memiliki ramuan akar Dong Quai (Ginseng Wanita) yang menguatkan rahim dan melancarkan kerja hormon .Namun, hati-hati bila mengkonsumsi jamu tradisional, karena seringkali pemrosesannya tidak higienis sehingga mengandung aflatoksin (racun dari jamur tepung yang dapat menyebabkan gangguan fungsi hati/kanker hati).

Penyubur kandungan

Leave a comment

Mengetahui Masa Subur

Masa subur menjadi hal yang bisa menentukan apakah Anda ingin cepat hamil atau menundanya. Bagi Anda yang tidak mau menunda momongan setelah menikah, sudahkah memahami siklus masa subur? Jika belum berikut ini ciri-ciri wanita memasuki masa subur.

Penentuan masa subur ini penting karena waktu tersebut sangat baik untuk program memiliki anak. Biasanya waktu ovulasi adalah 14 hari dari perkiraan hari pertama Anda haid selanjutnya. Siklus menstruasi ini dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama menstruasi selanjutnya.

Jika masih bingung, berikut ini contoh penghitungannya. Misalnya Anda menstruasi setiap tanggal 15. Kita anggap saja dalam sebulan ada 30 hari, jadi dengan siklus 28 hari maka perkiraan hari pertama menstruasi selanjutnya adalah tanggal 13. Ini berarti ovulasi Anda terjadi 14 hari sebelum tanggal 13 yaitu sekitar tanggal 29.

Bagi pasangan yang tengah menjalankan program kehamilan, disarankan melakukan hubungan seksual pada masa suburnya dan tidak melakukannya 2-3 hari sebelum masa subur. Cara ini dilakukann untuk menjaga kualitas sperma tetap prima karena pembentukan sperma akan matang dalam 3 hari.

Bagaimana sudah paham cara menghitung masa subur? Jika sudah, selain dengan menghitung, Anda juga bisa mengenali kapan masa subur tersebut dari ciri-ciri perubahan tubuh. Berikut ini ciri-ciri yang biasa dialami wanita saat masa subur:

Perubahan Cairan Serviks

Saat masa subur, cairan yang keluar di leher rahim mengalami perubahan. Jika dalam kondisi normal, cairan itu biasanya lengket dan bertekstur ‘creamy’ (kental). Namun saat masa subur (ovulasi) jumlah cairan akan lebih banyak, dan teksturnya lebih cair dengan warna yang bening.

Meningkatnya Hasrat Seksual

Saat masa subur hormon wanita bergejolak. Keadaan itu akan berujung pada meningkatnya hasrat seksual. Oleh karena itu, ini juga merupakan saat yang tepat untuk bercinta dengan suami.

Meningkatnya Temperatur Tubuh

Saat masa subur, wanita akan mengalami kenaikan temperatur tubuh. Hal itu disebabkan oleh munculnya hormon progesterone dalam tubuh saat masa-masa ovulasi.

Payudara Lebih Lunak

Produksi hormon yang cukup tinggi saat masa-masa ovulasi mengakibatkan beberapa perubahan dalam tubuh, termasuk payudara. Umumnya di masa ovulasi, payudara wanita menjadi lebih lunak dan lembut.

2 Comments

Makanan Penyubur Sperma

Seorang pria yang memiliki sperma yang sehat dan normal umumnya memilki jumlah sperma diatas 20-40 juta dalam setiap satu mililiter. Banyak jenis makanan seperti buah dan sayuran tertentu untuk meningkatkan dan menambah jumlah sperma. Beberapa jenis makanan dari buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan produksi hormon testosteron di dalam tubuh hingga merangsang hormon tersebut untuk memproduksi sperma lebih banyak lagi.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah, volume, kualitas, kuantitas dan pergerakan sperma agar semakin lincah, diantaranya :

1. Cabai merah, wortel, gandum, aprikot kering

Cabai merah, wortel, gandum, dan aprikot kering, kesemua jenis makanan tersebut mengandung vitamin A yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan sperma yang sehat. Menurut seorang peneliti bernama Heidi Murkoff mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kemandulan dan memperlambat pergerakan sperma. Untuk membantu meningkatkan dan memperlincah pergerakan sperma, selain jenis makanan diatas anda juga bisa mengkonsumsi daun selada hijau, brokoli, bayam, kentang manis, dan susu yang mengandung vitamin A.

2. Asparagus, kacang polong, tomat yang dimasak, stroberi

Jenis makanan diatas mengandung vitamin C yang dapat mempengaruhi pergerakan dan kelincahan sperma. Vitamin C dan vitamin A merupakan paduan vitamin yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma menjadikan sperma sehat. Paduan kedua vitamin A dan C mudah didapat dari jenis makanan, seperti kangkung, paprika merah, ubi jalar, sayuran kuning dan buah-buahan yang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjaga sperma dari kerusakan dan bahaya radikal bebas yang mengancam kematian dari sel-sel sperma.

3. Ayam kalkun, telur, makanan laut, tiram, biji labu

Seng merupakan salah satu komponen yang terdapat di dalam nilai gizi dan penting bagi tubuh. Apabila tubuh kekurangan zat seng akan menyebabkan kadar hormon testosteron menjadi rendah dan membuat jumlah sperma berkurang. Zat seng mudah didapat dari daging sapi, yogurt, gandum dan jagung.

4. Sayuran berdaun hijau, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian

Sayuran berdaun hijau, buah alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Semua jenis makanan tersebut mengandung folic acid yang dapat menambah jumlah sperma dan meningkatkan pergerakan sperma. Sperma akan semakin baik dan sehat apabila anda mengkombinasikan tambahan suplemen asam folat. Pria yang kekurangan asam folat dapat mengakibatkan kelainan pada kromosom sperma dan pada wanita yang kekurangan asam folat dapat mengakibatkan bayi lahir cacat.

Jika anda ingin mengetahui mengenai jumlah, kualitas dan pergerakan sperma, anda dapat melakukan tes sendiri dengan menggunakan alat tes kesuburan laki-laki seperti alat Sperm Check for Fertility.

5. Salmon, sarden, teri, kacang kenari

Jenis ikan seperti diatas dan kacang kenari diperkaya dengan kandungan DHA, Omega 3 dan asam lemak essensial yang dapat membantu meningkatkan dan memperlancar peredaran darah ke seluruh jaringan tubuh termasuk ke alat vital pria dan menambah kinerja dari fungsi organ seksual. Dari hasil sebuah penelitian diketahui bahwa asam lemak essensial dalam sperma lebih banyak terdapat pada pria subur. Selain jenis ikan tersebut, anda juga dapat melengkapi asam lemak essensial dan omega 3 dari arugula, kepiting, udang, rami dan ayam guna menambah jumlah dan kuantitas sperma.

Leave a comment

Buah Untuk Penyubur Sperma

sperma memang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, karena sperma bertugas untuk membuahi sel telur wanita setiap ovulasi itu terjadi. Selain jenis makanan tertentu dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma itu sendiri.

Terdapat jenis buah-buahan yang turut membantu menunjang kualitas, jumlah dan kuantitas sperma, seperti :

1. Pisang

Siapa yang tak kenal pisang. Pisang yang memiliki rasa daging yang begitu menyejukkan dan membuat perut terasa kenyang lebih lama, penunda rasa lapar yang kaya akan kandungan vitamin A dan serat alami. Pisang merupakan buah yang sangat fenomenal di Indonesia dan cukup digemari oleh siapa saja, tanpa mengenal batasan usia. Ternyata buah pisang ini tidak hanya dapat dikonsumsi seperti biasa, yang pada kenyataannya buah pisang ini memiliki kandungan kaya serat dan antikoksidan yang baik untuk menambah libido atau gairah seksual, memunculkan kembali gairah seksual yang hilang, menambah jumlah sperma dan meningkatkan kualitas sperma. Pisang yang tak hanya kaya akan serat ini, pisang juga memiliki kandungan vitamin lainnya, seperti potassium dan vitamin B seperti riboflavin yang berfungsi sebagai penambah energi bagi tubuh.

2. Alpukat

Alpukat buah yang banyak digemari dari berbagai kalangan usia. Buah yang memiliki daging buah berwarna agak kekuningan ini memang layak untuk dikonsumsi. Alpukat yang diperkaya dengan beberapa nilai gizi seperti vitamin A, serat, vitamin D, asam folat, dan kalori yang cukup tinggi. Alpukat yang dalam pemanfaatannya tidak hanya digunakan sebagai pelembab kulit, mencerahkan kulit namun alpukat ini memiliki khasiat lainnya, yang salah satunya dapat meningkatakn produktivitas sperma, kualitas, dan kuantitas sperma. Alpukat juga dapat dijadikan sebagai menu makanan pengganti bagi anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan atau diet sehat. Tak hanya sampai disitu alpukat yang mengandung vitamin B6 ini juga dapat membangkitkan libido atau daya rangsang seksual anda dan pasangan.

3. Bawang putih

Bawang putih salah satu jenis rempah yang memiliki aroma khas dan sangat tajam. Namun bawang putih memiliki khasiat yang luar biasa yang bermanfaat bagi tubuh dan dapat mengobati penyakit seperti asma, alergi, menurunkan kolesterol dan sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh. Bawang putih yang mengandung senyawa allicin, yakni suatu jenis unsur senyawa yang dapat meningkatkan peredaran darah ke seluruh organ vital pria dan organ seksual. Dengan mengkonsumsi bawang putih yang dikombinasikan dalam bentuk sayuran atau campuran bahan makanan dapat meningkatkan gairah seksual pria.

4. Mangga dan Strawberry

Mangga dan strawberry yang keduanya memiliki rasa masam yang cukup khas, namun adapula mangga yang memiliki rasa manis. Menurut sebuah informasi terkait bahwa dengan mengkonsumsi jus mangga atau strawberry secara rutin dapat meningkatkan libido seksual pria dan membuat pria bersemangat dalam melakukan hubungan seksual bersama pasangan. Kedua jenis buah ini tak hanya baik dikonsumsi oleh pria saja, para wanita pun juga dapat mengkonsumsi jus dari kedua buah tersebut sebagai penambah gairah seksual. Strawberry sangat cocok dikonsumsi oleh pria untuk menambah jumlah sperma dan membuat sperma bergerak lincah dan sehat.

5. Cokelat

Cokelat yang mengandung unsur senyawa alami seperti phenylethylamine yakni unsur senyawa kimia alami yang dapat membuat suasana hati menjadi senang bagi siapa saja yang menikmatinya, cokelat merupakan jenis makanan yang digemari oleh semua kalangan tanpa batasan usia. Tak hanya senyawa tersebut yang dimiliki cokelat, cokelat juga mengandung unsur senyawa lainnya yang dapat membuat rasa gairah seksual memuncak dan tubuh terasa berdebar ketika anda melakukan hubungan seksual bersama pasangan dan mendapat sentuhan seksual.

6. Hati

Jika anda termasuksalah satu pria yang mengalami penurunan libido atau daya rangsang yang rendah, cobalah untuk mengkonsumsi hati hewani yang berasal dari hati ayam, atau hati sapi. Hati yang merupakan sumber glutamin, merupakan unsur senyawa yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh agar tubuh selalu terlihat segar dan hati disinyalir juga dapat menambah darah bagi anda yang memiliki tekanan darah yang rendah.

7. Telur

Telur yang merupakan sumber protein terbesar yang juga mengandung vitamin B5 dan B6 bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon dan mengurangi rasa stress, tak hanya itu dengan kandungan protein dan vitamin tersebut menjadikan telur sebagai salah satu menu yang dapat meningkatkan gairah seksual pria yang menjadi suatu lambang bagi kesuburan pria.

Diketahui banyak pria yang mengkonsumsi telur yang dicammpurkan dalam seduhan jamu atau menengak langsung telur setengah matang sebelum memulai aktivitas seksual. Kuning telur yang mengandung seng yang sangat tinggi dapat bermanfaat untuk meningkatkan jumlah, kualitas dan meningkatkan produksi testosteron bagi pria.

8. Seledri

Seledri sering kita temukan dalam sayuran kuah, bakso atau sajian makanan tertentu yang menggunakan seledri. Seledri merupakan sumber makanan yang dapat meningkatkan androsteron yakni hormon yang dikeluarkan melaui keringat yang dapat menggugah gairah seksual. Anda juga dapat menikamti seledri dalam bentuk jus yang dipadukan dengan buah lain.

9. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung asam lemak yang penting dalam produksi hormon pria. Salah satunya adalah almond, selain kaya asam lemak, almond juga mengandung aroma yang dapat merangsang wanita untuk bercinta.

10. Buah semangka

Buah berbentuk bulat seperti bola ini merupakan sejenis tanaman merambat. Besarnya bisa seukuran kepala manusia, berwarna hijau atau hijau bergaris putih. Dagingnya umumnya merah, berair dan berbiji, tetapi ada juga yang kuning. Itulah Semangka (Citrullus vulgaris Schard). Buah ini dapat dikonsumsi langsung. Khasiat dari buah semangka ini cukup baik untuk mengatasi panas dalam, penghilang dahaga. Buah ini juga dapat menggugah gairah seksual pria dan wanita serta baik pula untuk menyehatkan sperma.

Leave a comment

Cara Meningkatkan kesuburan

Penyubur Kandungan. Banyak pasangan suami istri yang telah lama menikah tetapi belum juga dikaruniai keturunan. Tidak sedikit dari pasangan suami istri yang sudah berusaha kesana kemari tetapi belum membuahkan hasil, padahal telah menghabiskan banyak biaya. Memang pada dasarnya keturunan adalah pemberian dari Alloh SWT, tetapi kita tetap tidak boleh putus asa untuk berusaha mendapatkannya.

Berhasil atau tidaknya pasangan suami istri mendapat keturunan, sedikit banyak juga dipengaruhi oleh faktor tingkat kesuburan. Semakin subur pasangan suami istri, maka semakin berpeluang mereka mendapatkan keturunan.

Berikut ini beberapa cara/tips bagi pasangan suami istri untuk bisa meningkatkan kesuburan mereka:

1. Tingkat kesuburan berhubugan dengan berat badan. Pria atau wanita kegemukan perlu menurunkan berat badan apabila ingin merencanakan kehamilan

2. Rajin berolah raga dengan melakukan aktifitas fisik yang menyenangkan agar tetap fit, seperti joging, jalan kaki, berenang dan lain-lain

3. Batasi konsumsi kopi dan produk makanan yang mengandung kafein.

4. Konsumsi makanan kaya mineral, seperti oyster, shellfish, sarden , udang, unggas, daging tak berlemak, keju, telor, beras merah, whole grain dan hati, karena bisa meningkatkan produksi sperma

5. Konsumsi makanan kesuburan hendaknya dimulai pada masa pra-konsepsi (sebelum hamil). Fokus utama pra-konsepsi adalah memprioritaskan asupan zat gizi, antara lain asam folat, zat besi, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, seng, selenium dan kalsium

6. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan tingkatkan makanan yang mengandung lemak jenuh tunggal, seperti zaitun dan olive oil.

7. Hindari lemak trans karena dapat menimbulkan terjadnya penimbunan plak pada pembuluh darah. Akibatnya aliran darah ke organ vital terhambat

8. Hindari gula murni dan makanan yang sudah diawetkan atau diproses, kerena rendah kandungan esensial vitamin dan mineralnya tapi tinggi kalori yang dapat menggemukkan dan berisiko pada kesuburan

9. Hindari rokok dan asap rokok karena daat menyebabkan kekentalan darah dan asam nikotin pada rokok akan berkaitan dengan hemoglobin sehingga fungsi hemoglobin untuk membawa oksigen ke organ vital menurun. Kondisi ini bisa mengurangi potensi kesuburan, baik pada pria maupun wanita

Penyubur Kandungan